[Rekomendasi buku] STEVE JOBS by Walter Isaacson

Oleh : Rengky Yasepta

Steve Jobs by Walter Issacson

Alhamdulillah, di penghujung 2020 hingga beberapa hari lalu saya selesai menamatkan buku setebal 735 halaman ini. Seperti judulnya, buku ini bercerita tentang kisah hidup dan sepak terjang Steve Jobs, seorang ikon (bahkan dianggap salah seorang yang paling berpengaruh) di abad ke-21.

Diawali dengan kisah Steve muda yang bercampur antara pilu (karena ditinggalkan orang tua kandung) dan bahagia (karena diadopsi oleh orang tua yang sangat menyayanginya), Steve Jobs telah berhasil mengubah beberapa bidang penting di dunia modern kita.

Dalam hal bisnis, tak hanya kisah sukses beliau yang dapat kita ambil pelajaran, sebab Jobs yang mendirikan Apple di akhir 1970an (dan menyayanginya seperti anaknya sendiri) ternyata pernah dikeluarkan dari Apple pada tahun 1985. Tragis, bukan?

Namun hal itu tidak membuatnya menyerah, hingga akhirnya Jobs bisa rujuk lagi, merombak ulang, dan berhasil menaikkan pamor Apple bahkan sejak pertama dia kembali pada 1997.

Berikut beberapa di antara revolusi yang telah dilakukan Jobs di balik semboyan terkenalnya “Think Different” yang hampir tak bisa disamai oleh perusahaan sukses lainnya:

1. Apple II yang merevolusi cara dan pandangan orang terhadap PC (personal computer);

2. Macintosh (disingkat Mac) merevolusi komputer rumahan. Baik desain maupun antarmuka pengguna grafisnya banyak ditiru semua komputer dan laptop merk apapun yang kita kenal saat ini;

3. Studio Pixar, yang memproduksi film-film sukses yang dipadukan dengan dunia digital, seperti Toy Story, Coco, Up, Cars, dll.

4. iPod, mengubah cara orang menikmati musik;

5. iPhone, merevolusi telepon genggam. Saat ini para pembuat Android bahkan menjiplak keberhasilan iPhone;

6. iPad, merupakan komputer tablet, yang mengubah wajah komputer, koran, majalah, buku, musik, dan video berbentuk digital sekaligus; dan masih banyak karya-karya jenius lainnya yang lahir dari seorang perfeksionis bernama Steve Jobs. Dan perlu dicatat, saat ini meskipun Jobs telah tiada, Apple, warisannya, telah menjelma menjadi salah satu perusahaan yang bernilai paling tinggi di seluruh dunia.

Saya kira buku ini WAJIB dibaca oleh siapapun yang berkeinginan menciptakan perubahan BESAR baik dalam kehidupan, bisnis, maupun bidang-bidang lainnya.

Walter Isaacson, penulis buku ini, telah berhasil menyajikan sisi luar-dalam seorang Steve Jobs (dari wawancara langsung dengan Jobs, ditambah sumber-sumber lainnya: keluarga, sahabat, musuh, pesaing, dan rekan kerja Jobs). Dan beruntungnya, proses penggarapan buku ini dimulai sejak dua tahun sebelum kematian sang maestro ini, ketika kondisi kesehatan Steve Jobs semakin menurun akibat kanker yang dideritanya.

Akhirnya, Isaacson bisa menamatkan bukunya hingga Steve Jobs sendiri meninggalkan kita untuk selama-lamanya pada 2011 lalu.

Rating pribadi saya: 9,5/10

Catatan: Di sisi kiri-kanan gambar buku Steve Jobs yang saya jepret ini terdapat 2 buku yang tak kalah kerennya. Ada yang bisa menebak apa judul kedua buku itu? 😀

Salam,

Rengky Yasepta, salah seorang pengagum Steve Jobs walaupun belum pernah “mencicipi” satupun produk “perfeksionis” Apple 😅 namun bercita-cita semoga dalam waktu dekat bisa beli satu biji aja laptop merk Macintosh. Aamiin ya Allah. 😀🤲

Mau pesan buku saya? Kunjungi halaman ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.